Selasa, 26 November 2019

[REVIEW] DRAKOR TWO WEEKS (2013)

Halo semuanya! Ini pertama kalinya aku menulis review di blog. Dan aku mau review drama korea terbaik yang pernah aku tonton sejauh ini, sejak awal mula suka drama korea (Februari 2019). Oke tanpa basa-basi lebih panjang, ini reviewnya:

Two Weeks, sebuah drama humanis tentang perjuangan seorang ayah yang hendak menyelamatkan putri semata wayangnya.



"Aku lahir sebagai sampah. Hidup sebagai sampah. Namun, sejak bertemu dengan anak itu, aku ingin hidup sebagai manusia sekali saja."

Drama korea produksi tahun 2013 yang dibintangi oleh Lee Jun Ki (atau nama lainnya Lee Joon Gi) ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Jang Tae San, yang hidup sebagai gangster kelas teri. Pada perkenalan tokoh Jang Tae San, kita akan dibuat emosi dan ingin menjambak rambutnya. Bagaimana tidak? Gaya tengil, sok jagoan, bahkan meninggalkan pacarnya yang sedang hamil! 'Dasar pria brengsek!' mungkin itu kata yang keluar saat pertama kali berkenalan dengan tokoh Jang Tae San.

Namun, pendapat kita akan segera berubah setelah tokoh So In Hye (mantan pacar Jang Tae San) menemuinya dan meminta ia untuk melakukan tes darah karena anak mereka, Soo Jin, yang berusia 8 tahun menderita leukimia. Tae San lalu melakukan tes darah, dan ternyata, hasilnya cocok. Ia bisa menyumbangkan tulang sumsumnya untuk putrinya! Kita pun akan dibawa ke adegan mengharukan saat Jang Tae San bertemu dengan putrinya untuk pertama kali di rumah sakit. 

Dokter pun menetapkan tanggal operasi. Tae San akan dioperasi 2 minggu lagi. Selama menunggu hari operasi, Soo Jin harus masuk perawatan ke ruang steril. Tae San tidak boleh terluka ataupun sakit sampai hari dilaksanakannya operasi. 

Apes bagi Tae San, ketika ia pulang dari rumah sakit, ia dijebak oleh Moon Il Seok, mantan bosnya dulu. Ia difitnah membunuh Oh Min Sook, seorang gadis yang punya kamera digital berisi bukti-bukti kejahatan dan korupsi Moon Il Seok. Ia pun ditangkap oleh detektif Seung Woo, yang merupakan tunangan dari mantan pacar Tae San. Ia dijebloskan ke penjara. Para detektif dan polisi tidak ada yang percaya bahwa ia tidak bersalah, karena sidik jari Tae San ada di pisau yang digunakan untuk membunuh korban. 

Akhirnya, Tae San pun nekat melarikan diri dari penjara agar ia bisa dioperasi 2 minggu lagi. Dalam 2 minggu, ia menjadi buronan, terus menerus bersembunyi dari kejaran polisi.

Drama ini betul-betul sebuah paket lengkap: kita akan diajak tertawa, menangis terharu, marah-marah dan mencaci maki si tokoh antagonis, dan juga bersimpati kepada sang tokoh utama. Di episode 1 saja, adrenalin kita sudah dipacu di adegan saat Jang Tae San melarikan diri dengan sepeda motor dengan tangan masih diborgol. Setelah itu kita diajak berpetualang bersamanya, dimana selama ia menyembunyikan diri dari kejaran polisi, ia membantu menangkap ayam seorang nenek yang kesepian di sebuah desa, membantu seorang ibu yang melahirkan di tengah-tengah jalan, bertemu dengan seorang ibu-ibu tuli bersama anaknya, dsb. Ada saat-saat ketika ia putus asa, dan merasa tidak bisa menyelamatkan putrinya, sosok imajiner Soo Jin muncul dalam kepalanya untuk memberikan semangat. Ketegangan demi ketegangan akan terus muncul di tiap episode, yang membuat kita akan selalu penasaran apa yang akan terjadi selanjutnya,

Pada akhirnya, Tae San bisa menangkap Moon Il Seok, menyelamatkan putrinya, berlibur bersama putrinya, dan membuktikan bahwa ia sama sekali tidak bersalah. 

Mengapa aku bilang drama ini humanis? Karena tokoh utamanya bukan tipe pria tampan kaya raya yang digandrungi banyak gadis, romantis dsb seperti tokoh utama pria dalam drama Korea kebanyakan. Karakternya sangat relatable dengan banyak orang di dunia nyata. Ia membuat kesalahan di masa lalu, tidak bisa memaafkan dirinya, dan berusaha menebus kesalahannya. Lee Junki yang berperan sebagai Tae San adalah kekuatan utama dari drama ini. Aktingnya benar-benar luar biasa. Kalau Two Weeks ini adalah sebuah film, Lee Junki layak mendapatkan Piala Oscar. Saya juga sangat menyukai pengembangan karakter Tae San yang tadinya brengsek, menjadi bijak, teliti, dan penuh perhitungan. Sehingga akhirnya ia mendapatkan respek dari Detektif Seung Woo, Jaksa Park, dan In Hye, yang tadinya sangat memandang rendah dirinya. 

Chemistry Tae San dengan sang putri, Soo Jin juga menjadi kekuatan utama dalam drama ini. Adegan yang paling mengharukan adalah saat Soo Jin berterima kasih kepada Tae San karena sudah membawanya ke dunia ini. Invisible ninja cutting onions!
Akhir kata, Two Weeks adalah drama yang sangat aku rekomendasikan untuk ditonton. Percayalah, kamu tidak akan menyesal menonton drama ini ^^

Skor: 10/10




Tidak ada komentar: